Rabu, 26 September 2012

Patung Zidane vs Materazzi

Sebuah patung yang menggambarkan tandukan, mantan gelandang timnas Perancis, Zinedine Zidane, ke dada Marco Materazzi, eks bek timnas Italia, diperkenalkan pada publik di Paris. Patung karya Adel Abdessemed tersebut dapat dilihat di depan musem seni modern Centre Pompidou di kota Paris. Patung Zidane versus Materazzi tersebut diberi nama "Coup de Tete". Karya indah tersebut juga pernah menjadi bagian dari pameran Adel yang diberi judul "Who's Afraid of The Big Bad Wolf" di galeri David Zwirner di kota New York.
Adel merupakan seorang seniman kelahiran kota Constantine, Algeria. Karya-karyanya kebanyakan merupakan potret kejadian penting yang pernah terjadi.
Patung karya Adel dengan figur Zidane dan Materazzi ini mengingatkan insiden yang terjadi pada partai final Piala Dunia 2006 di Jerman. Saat itu Zidane menanduk dada Materazzi karena ia merasa diejek oleh bek Italia tersebut. Alhasil Zidane diusir keluar lapangan. Zizou dan Matrix merupakan pencetak gol pada laga tersebut. Pertandingan itu akhirnya dimenangkan oleh Italia melalui drama adu penalti. Italia menjadi juara dunia setelah striker Perancis, David Trezeguet, gagal menceploskan bola ke gawang Gianluigi Buffon dalam adu penalti tersebut.

Source: Football Italia

Tidak ada komentar: